Israel Tak Tertolong Lagi...?!! Korupsi Netanyahu, Buat Rakyat Marah ?


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah didakwa atas tuduhan suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan. Kasus-kasus yang terlibat dikenal sebagai kasus 1.000, 2.000 dan 4.000.

Netanyahu membantah melakukan kesalahan dan mengatakan dia adalah korban "perburuan penyihir".

Kasus 1.000
Biaya: Penipuan dan pelanggaran kepercayaan
Kasus ini menyangkut hubungan perdana menteri dengan dua pengusaha: Arnon Milchan, seorang produser film Hollywood Israel, dan James Packer, seorang miliarder Australia.

Dalam sebuah dokumen yang merangkum dakwaan, Jaksa Agung Israel Avichai Mandelblit menuduh bahwa Netanyahu dan istrinya, Sara, menerima berbagai barang dari pengusaha, "terutama kotak cerutu dan kotak-kotak sampanye".

Mereka diduga diberikan secara terus menerus, "sedemikian rupa sehingga mereka menjadi semacam 'saluran pasokan'". Nilai barang itu sekitar 700.000 shekel ($ 198.000; £ 162.000).

Mr Netanyahu bersikeras dia hanya menerima token persahabatan dari Arnon Milchan (kiri)
Mengingat hubungan di antara mereka, Netanyahu 

"seharusnya menahan diri dari berurusan dengan urusan Mr Milchan", kata jaksa agung.ia juga  menuduh, Mr Netanyahu "bertindak untuk kepentingan Mr Milchan sebagai bagian dari peran resminya" antara 2011 dan 2016.

Netanyahu bersikeras bahwa mereka hanyalah bukti persahabatan dan bahwa dia tidak bertindak secara tidak pantas sebagai imbalan atas mereka.

Tuan Milchan dan Tuan Packer tidak menghadapi dakwaan apa pun, seperti perdana menteri. mereka semua membantah melakukan kesalahan.

Kasus 2.000
Biaya: Penipuan dan pelanggaran kepercayaan

Kasus ini menyangkut pertemuan yang dilakukan Netanyahu dengan Arnon Mozes, seorang pengusaha dan pemegang saham pengendali kelompok media Yedioth Ahronoth, yang menerbitkan surat kabar terkemuka Israel.

Ringkasan surat dakwaan jaksa agung mengatakan bahwa meskipun ada "persaingan mendalam" yang terjadi antara kedua orang itu, Tuan Netanyahu dan Tuan Mozes melakukan tiga rangkaian pertemuan antara tahun 2008 dan 2014.

"Selama setiap rangkaian pertemuan ini, Mr Netanyahu dan Mr Mozes terlibat dalam diskusi mengenai promosi kepentingan bersama mereka: meningkatkan liputan yang diterima Mr Netanyahu dalam kelompok media Yedioth Ahronoth, dan pengenaan pembatasan pada surat kabar Israel Hayom, yang penting secara ekonomi penting bagi Tn. Mozes sendiri dan kelompok Yedioth Ahronoth, " ujar jaksa agung.


Arnon Mozes didakwa melakukan penyuapan
Pada saat rangkaian pertemuan terakhir, sebuah rancangan undang-undang dipertimbangkan yang akan membatasi peredaran Israel Hayom, sebuah surat kabar harian gratis yang dimiliki oleh mogul kasino AS Sheldon Adelson, seorang pendukung lama Netanyahu.

Mr Mandelblit telah menuntut Mr Mozes dengan suap.

Kedua pria itu membantah melakukan kesalahan, dan mengatakan mereka tidak berniat mempromosikan hal-hal yang dibahas dalam pertemuan mereka.

Netanyahu mengatakan undang-undang tentang Israel Hayom tidak pernah disahkan, dan bahwa ia membubarkan koalisi pemerintahannya pada 2015 karena penentangannya terhadap uu itu.

Kasus 4.000
Biaya: Suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan

Kasus ini menyangkut apa yang disebut jaksa agung sebagai "pengaturan timbal balik" yang dibuat antara Mr Netanyahu - yang juga memegang jabatan menteri komunikasi dari 2014 hingga 2017 - dan Shaul Elovitch, pemegang saham pengendali di perusahaan telekomunikasi terbesar Israel Bezeq, yang memiliki situs web berita Walla.

Shaul Elovitch didakwa melakukan penyuapan
Di bawah pengaturan yang diduga, Mr Elovitch dan istrinya, Iris, "memberikan tekanan besar dan terus-menerus" pada direktur jenderal Walla untuk mengubah cakupannya sejalan dengan berbagai tuntutan yang dibuat oleh Netanyahu dan anggota keluarganya, kata jaksa agung.

Sebagai imbalannya, dia mengklaim, Mr Netanyahu "menggunakan kekuasaan dan otoritasnya sebagai pelayan publik untuk mempromosikan hal-hal sesuai dengan keinginan Mr Elovitch" tentang Bezeq. "Tuan Netanyahu ... berurusan dalam beberapa kesempatan dengan masalah peraturan yang berkaitan dengan Tuan Elovitch, dan mengambil tindakan spesifik yang mempromosikan kepentingan bisnis yang signifikan dari Tuan Elovitch dengan nilai finansial yang substansial."

Jaksa agung menuduh Tuan Elovitch dan istrinya melakukan suap, menghalangi keadilan dan menumbangkan saksi sehubungan dengan penyelidikan.

Mr Netanyahu, Mr Elovitch dan istrinya telah membantah melakukan kesalahan.

Keluarga Mr Netanyahu bukan tersangka dalam kasus ini.

Perdana menteri bersikeras dia tidak menerima apa-apa dari Elovitch dan bahwa liputan Walla tentang dirinya telah negatif. Dia mengatakan para ahli mendukung keputusan peraturan yang menguntungkan Bezeq

sumber bbc

0/Post a Comment/Comments

Terima Kasih

Previous Post Next Post